Minggu, 08 Oktober 2017

Dahsyatnya Pahala Sholat Berjamaah Di Masjid

Sholat 5 waktu mutlak harus dikerjakan setiap orang muslim. sholat bisa dikerjakan di tempat-tempat ibadah seperti masjid, mushola kantor, mall, maupun dirumah masing-masing. Tapi Tahukah anda bahwa sholat berjamaah dimasjid memiliki keutamaan yang besar daripada sholat sendiri. Ini bersifat wajib bagi laki-laki, tetapi tidak wajib bagi perempuan. Perempuan lebih utama sholat dirumah untuk menjauhkan diri dari fitnah. 
Keutamaan Shalat Berjamaah di masjid
1. Pahala langkah kaki menuju masjid 
Seorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT.
(Ibnu Majah:277,Muslim:1068 dan 1065).
2. Pahala menanti waktu sholat
Ini yang mungkin sering dilakukan banyak orang, datang ke masjid ketika mendengar iqomah berkumandang, alangkah baiknya ketika suara adzan berkumandang bergegaslah menuju masjid, sholat qobliyah dan banyak berdzikir.
Orang yang menunggu sholat di masjid diberi pahala seperti sedang sholat (HR.Bukhari:611)
3. Di do’akan para Malaikat
Seorang yang sudah di masjid untuk menunggu sholat tepatnya dari masuk mesjid sampe waktu shalat, maka dia didoakan oleh malaikat dengan doa : “Ya Allah Ampunilah dia" tanpa henti. Subhanallah!
4. Mendapat naungan saat kiamat
Ada tujuh golongan orang yang dinaungi kelak disaat hari kiamat tiba. Dan salah satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Orang yang hatinya terikat dengan masjid, orang orang itulah yang akan mendapat perlindungan dari Allah saat kiamat kelak. (Al-Bukhor:620)
5. Pahala di shaf terdepan
Sesungguhnya para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” (HR. Ibnu Hibban no.2157)
Menanggapi sabda tersebut, para sahabat bertanya, “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua wahai Rasulullah? ”
Kemudian Rasulullah berkata, “Juga kepada orang-orang yang berada dishaf kedua.”
(HR. Ahmad dan Ath Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)
6. Pahala Subuh 119 pahala
Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri. (Muslim:1049).
7. Pahala Isya 59 pahala
Seseorang yang melaksanakan shalat isya berjamaah, maka dia bakal dapat pahala 59 kali lipat. (HR.Muslim:1038)
8. Pahala Dzuhur, Ashar, Magrib 27 pahala
Kalau shalat dzuhur jamaah, ashar jamaah, dan magrib jamaah, masing masing dilipatgandakan 27 kali kalau kita laksanakan secara jamaah (HR.Muslim:1038)
Sumber : Islampos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar