Senin, 09 Oktober 2017

Sholat Sunnah Qobliyah Subuh, Pahalanya Lebih Dari Dunia Seiisinya

Shalat sunnah qobliyah shubuh merupakan sholat yang dilakukan sebelum sholat subuh yang berjumlah dua rakaat. Sholat ini memiliki keutamaan yang besar dan sangat dianjurkan untuk dirutinitaskan sebelum sholat subuh. Jika setiap muslim tahu dan paham betapa besar nilai pahala shalat fajr, selayaknya dia senantiasa menjaganya karena tidak ingin merugi. Sungguh dulu Rasulullah benar menjaga shalat fajr tersebut dengan sebenar-benar penjagaan, sampai-sampai ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan : “Beliau sama sekali tidak pernah meninggalkan kedua rakaat tersebut.” beliau juga menuturkan : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menjaga amalan nafilah lebih kuat dibanding konsistensi beliau menjaga dua rakaat fajr.”


Keutamaannya: Lebih dari Dunia Seluruhnya
Adapun dalil yang menjelaskan tentang keutamaan  melaksanakan sholat qobliyah subuh dari ‘Aisyah di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725). Jika keutamaan shalat sunnah fajar saja begitu besar adanya, bagaimana  dengan keutamaan shalat Shubuh itu sendiri.

Dalam lafazh lain, ‘Aisyah berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbicara mengenai dua raka’at ketika telah terbih fajar shubuh,
لَهُمَا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا
Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).

Subhanallah begitu besarnya pahalanya yang dijanjikan oleh Allah kepada orang yang melaksanakan sholat qobliyah subuh. Ringan dilakukan karena hanya dua rakaat tetapi pahalanya lebih dari dunia seisinya. Marilah saudaraku kita sama-sama selalu mengejar pahala sebanyak-banyaknya untuk bekal kita hidup di akhirat kelak. Jangan hanya dosa saja yang diperbanyak, pahala harus lebih banyak.

Pahala sholat qobliyah merupakan contoh kecil amalan yang ringan tetapi berpahala besar. Mulailah dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan dengan berharap ridho dari Allah semata.
Semoga kita selalu Istiqomah dalam menjalankan kebaikan .

Sumber : rumaysho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar