Senin, 09 Oktober 2017

Sholat Dhuha, Menurunkan Rezeki Secara Langsung

        Terkadang ketika kita pada di posisi susah kita sering kali berburuk sangka kepada Allah karena merasa kurang dalam hal materi tanpa kita lupa kewajiban kita kepada Allah yang memberikan rezeki. Selain Sholat Wajib 5 waktu kita juga dianjurkan untuk sholat Sunnah untuk meningkatkan keimanan kita salah satunya yaitu sholat Dhuha yang memiliki banyak keutamaannya jika kita mengamalkan dengan istiqomah.
1. Pahalanya seperti bersedekah
Mengerjakan shalat dhuha memiliki pahala seperti orang bersedekah . Sesdekah ini berupa sedekah yang oleh 360 persendian tubuh. Orang yang mengerjakan shalat dhuha akan mendapat pahala sebanyak persendian itu. 
2. Dicukupi kebutuhannya
Shalat Dhuha menjanjikan tercukupinya di akhir hari. Shalat Dhuha merupakan shalat yang dilakukan untuk memohon rizki kepada Allah SWT. Selain itu, Allah juga berjanji kepada orang yang rajin melaksanakan shalat Dhuha untuk mencukupi apa yang menjadi kebutuhannya, setidaknya kebutuhannya disore atau diakhir hari. 
“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu
3. Keuntungan yang lebih cepat
Orang yang istiqomah menjalankan shalat dhuha akan memperoleh keuntungan yang lebih cepat atas izin Allah SWT. Di zaman Rasullullah dimana Rasul membandingkan orang-orang mukmin yang yang tekun menjalankan sholat Dhuha dengan mujahid yang tidak menjalankan sholat Dhuha yang pergi ke medan perang. Rasulullah menghitung keuntungan yang diperoleh oleh orang yang menjalankan shalat Dhuha berjumlah lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang bisa diperoleh oleh para mujahid tersebut. 
4. Diganjar dengan rumah di surga
Orang yang melaksanakan shalat Dhuha 12 rekaat di awal hari akan dijanjikan ganjaran oleh Allah berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak diakhirat. Hal ini menurut Anas Bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah saw bersabda :
“Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)
5. Mendapat pahala haji dan umrah
Setiap muslim yang senantiasa menjaga shalat Dhuha dengan tekun akan mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna”
6. Menggugurkan dosa
Shalat Dhuha akan menghapus dosa-dosa orang yang tekun menjalankan shalat dhuha meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut hadist yang menjelaskan hal ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda,
“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)
7. Dibuatkan pintu khusus di surga
 Rasulullah bersabda: Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad saw bersabda,
“sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR.Thabrani)
Berikut Allah memberikan kedudukan yang istimewa bagi orang-orang yang melaksanakan Dhuha berdasarkan dengan jumlah rakaatnya:
1. dua rekaat shalat Dhuha akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai
2. empat rekaat shalat Dhuha tercatat sebagai orang yang muhsinin (berbuat baik)
3. enam rekaaat shalat Dhuha akan tercatat sebagai hamba yang taat
4. delapan rakaat tercatat sebagai hamba yang juara (Sukses) 
5. dua belas rekaat shalat Dhuha akan dibuatkan sebuah rumah yang indah disurga
Tata Cara Pelaksanaan Shalat Dhuha
Sholat Dhuha dilaksanakan dengan dua rakaat salam. Meskipun melaksanakan 12 rakaat, tetap dua rakaat salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar